Wednesday, February 10, 2010

update berita kolam bejalen

Tiga minggu yang lalu nongkrong dimuara kali Njalen, lihat kolam yang dikelola kelompok nelayan Bejalen, total ada 10 kolam, kolamnya luas dengan tinggi tanggul 1.5 meteran, 5 kolam masing-masing kolam ukurannya skitar 80 X 70 meter, sedang 5 kolam lainnya ukurannya lebih kecil. Kolamnya nganggur semua, bekas ditanami padi.

Dari hasil interview dengan salah seorang anggota yang kebetulan lagi nongkrong disitu, katanya tiap kolam di kelola oleh 5 annggota, dan kolam itu dibiarkan nganggur disebabkan kemarin pas musim kemarau kolamnya kering, air sungai kali torong tidak bisa masuk dan akhirnya ditanami padi, dan sebagian disewakan 1 musim padi 500 rb (6 bulan).

Sementara itu pada awal musim hujan kolam terisi air, tapi kelompok pengelola kolam tidak berani menebar benih ikan, karena nanti pada akhir puncak musim hujan sekitar bulan maret, air rawapening akan meluap melebihi tinggi tanggul kolam yang 1.5 meter tersebut. Hal ini sudah terjadi 3X berturut turut, dan ikan di kolampun dengan suka cita melarikan diri ke rawapening, kelompok nelayan cuma bisa pasrah menerima nasib.

Dari pengalaman itu, maka mereka berniat menebar benih ikan setelah puncak luapan rawapening, yaitu sekitar akhir bulan maret. good luck.

Kolam yang paling depan pinggir rawa, air rawa di biarkan masuk sehingga banyak ikan liar yang menghuni kolam depan, dan katanya kemarin ketika membersihkan kolam dari ikan liar, diperoleh ikan liar sebanyak 2 kwintal, laku 1.5 jt.

2 comments:

  1. Hello thіs is somewhat of off topic but I was wondeгing if
    blogs uѕe WYSIWYG еditors or іf you have to
    manuallу coԁe with HTML. I'm starting a blog soon but have no coding expertise so I wanted to get guidance from someone with experience. Any help would be enormously appreciated!

    Look at my web blog :: simple wood projects

    ReplyDelete