Tuesday, December 8, 2009

komplek kampung wisata di TENGAH rawapening

AMBARAWA - Artha Prima, sebuah Koperasi Simpan Pinjam (KSP) di Kabupaten Semarang yang memusatkan kegiatannya di Jalan Jenderal Sudirman Ambarawa, kini tengah mempersiapkan diri untuk memberdayakan Rawapening, sebuah perairan yang arealnya membentang di empat wilayah kecamatan, yaitu Ambarawa, Bawen, Banyubiru dan Tuntang.

Soal pola pemberdayaan kawasan perairan yang luasnya mencapai ribuan hektar ketika air pasang itu, hingga saat ini memang belum bisa diungkapkan secara pasti. Namun Ketua KSP Artha Prima, Ir Nur Zubaedi MM menggambarkan hasil akhir dari rencananya kelak berupa kawasan perairan yang bisa menjadi sumber pendapatan bagi masyarakat dan pemkab setempat.

”Kami punya obsesi dalam kaitannya dengan rencana optimalisasi fungsi kawasan perairan Rawapening ini. Obsesi kami jelas tertuju pada satu titik, yaitu menjadikan Rawapening sebagai sumber potensi untuk meningkatkan pendapatan, baik bagi masyarakat disekitarnya maupun PAD (Pendapatan Asli Daerah) Pemkab Semarang,” ujar Ir Edi, Kamis (6/6).

PhotobucketPhotobucket

PhotobucketPhotobucket
Langkah pertama yang akan segera diwujudkan dalam kaitannya dengan rencana optimalisasi fungsi kawasan perairan Rawapening tersebut, katanya berkaitan erat dengan kesiapan sejumlah anggota binaannya untuk membuka usaha karamba secara bersama-sama di tengah kawasan perairan Rawapening.

Dengan tekad dan kesepakatan anggota yang demikian itulah, tambah Ir Edi, KSP Artha Prima sebagai lembaga pembina juga akan membuka usaha yang sama, namun dalam pengusahaannya akan difungsikan sebagai kolam pancing untuk melengkapi fasilitas yang dibuthkan para wisatawan, selain pasar ikan segar dan kawasan wisata kuliner yang dekat dengan lokasi karamba milik mereka.

Keberadaan kawasan wisata kuliner dan pasar ikan segar ini untuk membantu pemasaran hasil usaha para anggota sekaligus menarik para wisatawan agar mau berkunjung ke tengah Rawapening,” ujar Edi.

Dia menambahkan, kalau tahap pertama ini berhasil, langkah berikutnya akan dibuka sebuah perkampungan di tengah Rawapening yang akan kami populerkan dengan istilah ”Kampung Rawa” dengan ciri khas hotel apung serta wisata air lainnya di dekat lokasi karamba milik para anggota.
”Dengan rencana ini, yang jelas kami akan mewujudkan tekad mantan Gubernur Jateng, H Mardiyanto yang sekitar awal tahun 2000-an lalu ingin menjadikan kawasan perairan Rawapening sebagai pusat tujuan wisata di daerah Jateng,” ujarnya. K-26/SR.
source; http://www.wawasandigital.com/index.php?option=com_content&task=view&id=23376&Itemid=58

Ya mudah mudahan proyeknya terlaksana........ biar tambah lagi tempat nongkrong yang asik buat maniak mancing rowopening...

No comments:

Post a Comment