Wednesday, November 18, 2009

ndog iwak nilem telur ikan rawapening

rawapening. Telur ikan nilem sudah terkenal dan termashur, kalau rasanya paling gurih sedunia, sensasi di lidah sungguh luar biasa, gurihnya bukan main. Dimanakah dan kapankah anda bisa menikmati telur ikan nilem ini? Jawabnya; hanya disekitar rawa pening pas akhir november-awal desember (cari dipasar ambarawa, salatiga banyak yang jual)
Ndok iwak rowopening ki akeh akehe pas sasi november akhir tekan awal desember. Bertepatan karo usum moyek (musim ikan rawapening bertelur, ikan naik ke sungai trus masuk sawah untuk bertelur) bisanya bulan november minggu ke 3-4, sampai desember mingggu 1.
Telur ikan yang melimpah adalah telur ikan nilem atau telur wader ijo, karena ikan inilah banyak yang ditangkap nelayan rawa pening pada akhir november. Kalau pas musim moyek ini, nelayan Rowo Boni yang khusus menangkap ikan moyek, bisa membawa pulang ikan 2.5 kwintal tiap harinya selama 3 hari, pas puncaknya moyek. Hari moyek ini bisa diketahui dari sehari sebelumnya, yaitu bila hari ini hujan lebih dari 5 jam, misalnya siang hujan sampe sore, kemudian malamnya hujan lagi sampai tengah malem, maka dijamin besok pagi ikan rawa sudah berkumpul di muara sungai muncul, kali muncul, Kali Torong, Kali Njalen. Anda tinggal masuk sungai ditanggung merasakan sensasi ditabraki ribuan ikan nilem atau wader melem alias wader ijo.
Gambar;
1. telur ikan nilem goreng
2. ikan nilem / wader ijo rowo / unjar melem

No comments:

Post a Comment